Stasiun Kereta Api eks Samarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) (2)

3. Pati

Melanjutkan postingan terdahulu, ulasan kali ini mengenai jalur mati dan stasiun eks SJS lintas Kudus-Pati. Di wilayah Pati, tepatnya di pinggir jalan raya Pati-Kudus masih menyisakan beberapa bekas rel, rambu, rumah dinas, dan stasiun. Seperti di kelurahan Margorejo masih terdapat sinyal masuk, dan di samping gudang pupuk Pusri masih ada plang semboyan 35 dan beberapa sinyal lainnya. Bahkan di dalam gudang Pusri masih terdapat rel kereta api untuk keperluan angkutan pupuk di masa lalu. Masih di kelurahan Margorejo, di samping SMUN 1 Pati terdapat rumah dinas yang kini mangkrak. Sebagian lahan di sekitar rumah dinas disewakan kepada warga untuk usaha warung dan cuci mobil.


Stasiun Puri Pati terletak tepat di pinggir jalan raya Pati-Kudus. Saat ini bangunan stasiun disewakan untuk berbagai macam usaha, diantaranya untuk karaoke. Emplasemennya pun kini hampir tak menyisakan rel. Emplasemen yang ada sudah nyaris menjadi perkampungan warga. Untuk status tanah, terdapat patok-patok sebagai penanda kalau stasiun Pati dan emplasemennya adalah aset PT. Kereta Api Indonesia. Selain stasiun, bangunan yang masih ada di sekitar emplasemen diantaranya menara air, gudang, dan bekas kantor yang kini ditempati warga untuk hunian. Kurang lebih 400 meter ke arah timur dari stasiun, tepatnya di depan Hotel Pati masih terdapat tiang sinyal masuk stasiun dari arah Juwana.

Di kelurahan Plangitan terdapat juga rumah dinas yang saat ini sedang mangkrak. Rumah dinas ini terletak kurang lebih 800 meter dari stasiun. Untuk menuju rumah dinas ini, kita perlu memutar jauh karena letaknya berada di jalan raya satu arah.
Semboyan 35 di samping gudang Pusri Kaliampo Pati



Rel di dalam komplek gudang Pusri Kaliampo Pati


Tiang sinyal di pinggir jalan raya Kudus-Pati, kelurahan Margorejo-Pati

Rel kereta api Kudus-Pati di wilayah Margorejo Pati

Rumah dinas Pati Margorejo


Tampak depan stasiun kereta api Puri Pati

Gudang di dalam komplek stasiun Puri Pati

Kondisi emplasemen bagian dalam stasiun Puri Pati

Sisa rel di dalam emplasemen stasiun Puri Pati

Tower air dan kantor di dalam emplasemen

Bangunan stasiun Puri Pati yang kini dipakai untuk usaha karaoke

Sinyal masuk stasiun Puri Pati dari arah Juana

Rumah dinas Pati Plangitan


Next artikel berlanjut ke Juana
 

Comments

  1. salam, saya ingin diskusi lebih lanjut, thx

    1000lawang@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts