Railfans
Stasiun Kereta Api eks Samarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) (3)
Stasiun Kereta Api eks Samarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) (2)
3. Pati
(Read more)
Stasiun Kereta Api eks Samarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) (1)
Beberapa waktu yang lalu, saya dan beberapa rekan dari Semarang berkesempatan “napak tilas” ke stasiun, dipo, dan rel di jalur mati suri kereta api lintas Demak-Ngaloran-Kudus-Pati-Juana-Kaliori-Rembang, Juana-Bulumanis-Tayu, Kudus-Mayong-Gotri, dan Rembang-Lasem-Mantingan-Blora-Jepon-Pasar Sore-Cepu Kota.
4. Juana
Juana atau Joana (sebutan di era kolonial Belanda) adalah
stasiun akhir di awal perusahaan kereta api Samarang Joana Stoomtram Maatschappij
beroperasi. Ketika sukses beroperasi, SJS kemudian memperpanjang trayek dari stasiun Juana ke arah Rembang dan Tayu. (Read more)
Stasiun Kereta Api eks Samarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) (2)
3. Pati
Melanjutkan
postingan terdahulu, ulasan kali ini mengenai jalur mati dan stasiun eks SJS
lintas Kudus-Pati. Di wilayah Pati, tepatnya di pinggir jalan raya Pati-Kudus
masih menyisakan beberapa bekas rel, rambu, rumah dinas, dan stasiun. Seperti
di kelurahan Margorejo masih terdapat sinyal masuk, dan di samping gudang pupuk
Pusri masih ada plang semboyan 35 dan beberapa sinyal lainnya. Bahkan di dalam
gudang Pusri masih terdapat rel kereta api untuk keperluan angkutan pupuk di
masa lalu. Masih di kelurahan Margorejo, di samping SMUN 1 Pati terdapat rumah
dinas yang kini mangkrak. Sebagian lahan di sekitar rumah dinas disewakan
kepada warga untuk usaha warung dan cuci mobil.
Beberapa waktu yang lalu, saya dan beberapa rekan dari Semarang berkesempatan “napak tilas” ke stasiun, dipo, dan rel di jalur mati suri kereta api lintas Demak-Ngaloran-Kudus-Pati-Juana-Kaliori-Rembang, Juana-Bulumanis-Tayu, Kudus-Mayong-Gotri, dan Rembang-Lasem-Mantingan-Blora-Jepon-Pasar Sore-Cepu Kota.